Jumat, 06 Januari 2012

Aku Akan Berjilbab!

Dita Hyun Rin


“Katakanlah kepada wanita yang beriman… … … . . Dan hendaklah mereka menutupkan kerudung kepalanya sampai kedadanya”… … . .(Q.S. An-Nur : 31)
“Hai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu.” (Q.S. Al-Ahzab: 59)

***




Kututup dengan perlahan Al – Quran yang ada di genggaman tanganku. Kitab suci pedoman hidup dunia dan akhirat yang sedari tadi kubaca dan kucoba memaknainya. Mencoba mengerti dengan segala keterbatasan kemampuan yang kumiliki. Untuk menghilangkan kebimbangan yang saat ini menyelimutiku.

Kulepas mukena yang saat ini membalut tubuhku sedari subuh hari tadi hingga aku menutup Al – Quran yang kubaca. Usai itu, kulangkahkan kakiku mendekat ke arah meja rias di kamar. Aku mengikat rambutku yang panjang dan hitam menjuntai. Aku melihat gambaran seorang gadis yang tidak lain ialah diriku sendiri di dalam kaca di meja riasku. Kutatap ia lekat. Dan bergumam,“yaa, gimana. Aku ko jadi galau begini ya..” Keluh ku sendiri seraya menatap gambaran diriku yang kini terpampang jelas dihadapanku.

Aku menoleh. Kulihat jilbab yang terbungkus plastik di atas lemari pakaianku. Bungkusan yang masih damai dengan kebisuannya. Aku menatapnya bimbang. Itu jilbab hadiah dari Tante Ani saat aku berhasil masuk SMA yang aku impikan. Namun, sudah setengah tahun berlalu, jilbab itu tak pernah sekalipun kupakai. Jilbab selain jilbab pasangan baju muslim sekolah yang kumiliki. Maklum, mamaku pun tak berjilbab. Ya otomatis mama tak membelikanku baju – baju berjilbab.

Dari dulu aku tak mempermasalahkan hal itu karena teman – temanku pun jarang yang mengenakannya kalau bukan diperintah oleh sekolah. Sebentar dikenakan? Sebentar kemudian dilepaskan dengan mudahnya. Dahulu hal itu sudah biasa kulakukan. Namun sekarang , aku mulai mengetahui betapa pentingnya jilbab bagi seorang wanita. Jilbab itu sebagai penjaga kehormatan dirinya. Di Al – Quran tertera dengan jelas akan kewajban itu. Hal inilah yang menggalaukan hatiku saat ini.

Aku ingin. Sangat ingin. Ketika aku melihat temanku di sekolah yang berjilbab. Aku melihat wajah mereka tampak lebih cantik dan dipenuhi kedamaian. Aku ingin. Tapi aku bingung. Apa kata yang lain nanti? Apa kata mama? Mungkin aku dikira pura – pura alim. Atau ikut – ikutan teman. Haaa… aku bingung. Kugerakkan tanganku untuk menggaruk kepalaku yang sebenarnya tidak gatal. Kemudian aku bebalik dan melangkah pergi menuju kamar mandi untuk mandi pagi dan bersiap – siap ke sekolah.

***

“eum..ma Nay boleh Tanya sesuatu enggak?” Ujarku saat hendak mengambil nasi goring yang tersaji di meja makan.
“boleh. Nanya apa Nay sayang?” Jawab mama ramah.
“ma, Nay boleh enggak merubah penampilan Nay?” Tuturku perlahan tapi pasti. Bersamaan dengan gerakan tubuhku untuk duduk. Dan,
“Nay, mama gamau denger kalau kamu berubah hanya karena ikutan temanmu ya. Memang kamu mau berubah yang seperti apa?” Sahut mama.

Glek!

“eh? Enggak mah. Enggak jadi. Hehehe.” Ucapku. Aku menelan ludah. Belum apa – apa mama sudah berkata seperti itu. Membuat nyaliku makin menciut saja.
“oh. Sudah itu nasinya cepat dimakan Nay, nanti kamu terlambat.” Sambung mama.
“iya..ma.” jawabku pendek seraya memainkan sendok di piringku.

Mama yang sepertinya memperhatikan aksiku pun menggelengkan kepalanya seraya bergumam,“ehm..iya ma. Berarti harus cepat dilakukan.” Aku terkejut dan segera menghabiskan makananku. Usai itu aku segera beranjak dan mengambil tas milikku dan kemudian mencium tangan mama lalu berangkat ke sekolah.

***

Teng! Teng! Teng!...
Bel sekolah berdenting keras tepat saat kakiku berpijak di depan gerbang sekolah. Seketika itu pun dengan segera satpam yang berjaga di pos dekat gerbang berjalan dan menutup pintu. Aku menoleh kebelakang tepat saat kedua wajah gerbang bertemu.

“hosh..hosh.. Alhamdulilah. Nyaris saja.” Ucapku dengan napas yang masih tak beraturan. Setelah kurasa napasku cukup teratur, aku berjalan santai menuju ruang kelas.
“assalamualaikum.” Sapaku saat menginjakan kakiku ke dalam ruang kelas bertuliskan sepuluh tujuh.
“waalaikumsalam.” Balas beberapa anak. Kulihat, ternyata yang membalasnya hanya dari sekumpulan anak yang berjilbab. Mereka tersenyum saat tau bahwa aku melihat ke arah mereka. Aku membalasnya dengan salah tingkah. Tiba – tiba, sekelompok anak berseragam pendek datang menghampiriku. Salah satunya  berujar,“Nay, pulang nanti ke gading yoo? Kita nonton.”
“eh? Aku lagi engga mood Sel.” Jawabku malas. Mereka mendengus kesal.

Aku hanya tersenyum seadanya. Jujur saja, semenjak aku dihinggapi kegalauan ini aku jadi agak malas bersama dengan kawan – kawanku. Mereka selalu mengajakku untuk shopping dan shopping paling kalo yang lain ya nonton.Aku pikir, sama sekali enggak ada manfaatnya. Kemudian seorang anak perempuan berjilbab datang menghampiriku.

“Nayla, kamu mau ikut ? Pulang nanti kan ada mentoring di masjid sekolah. Yang ngasih materi itu alumni loh.” Ucapnya.
Aku terdiam. Sebenarnya aku ingin sekali bilang ‘iya’ tapi gimana ya, malu. Aku kan jarang banget dateng. Kawan – kawanku selalu mengajak untuk kabur saat jam itu. “memangnya boleh? Aku kan jarang ikutan mentoring.” Tuturku.
“ya gapapa lah? Emang siapa yang ngelarang? Berarti kamu ikut ya? Nanti abis bel kita shalat zuhur dulu di sana ya!” Serunya ramah. Aku terperangah mendengar jawabannya. Dan bergumam,”insya Allah”. Kemudian aku tersenyum tulus padanya.

***

Teng! Teng! Teng!..
Bel pulang sekolah berdenting keras. Pertanda jam belajar hari ini telah selesai. Seluruh siswa bersiap pulang. Berdoa, dan kemudian member salam pada guru. Setelah itu mereka berhamburan keluar kelas bagaikan tahanan yang bebas.

“Nay, beneran kamu ga ikut kita – kita?” Tanya seorang anak perempuan berseragam dan berambut sebahu seraya menepuk bahuku. Aku menggeleng perlahan. Kemudian ia menambahkan,”ah lo sekarang ga asik!” kemudian ia berlari meninggalkanku yang membisu sendiri. Aku menghela napasku. “ayo Nayla!” Panggil beberapa anak dari belakangku. Aku menoleh dan tersenyum lalu berlari menghampiri mereka.

***

Aku mengucap salam ke kanan dan kiri usai melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Setelah itu aku menegadahkan tanganku dengan kusyuk untuk berdoa. Berharap aku diberi penyelesaian dari kegalauan yang menghinggapiku saat ini. Usai itu kami bersalaman satu sama lain. Dan segera melepas mukenah dan menuju ke tempat mentoring. Dimana disana sudah bersiaga kakak – kakak alumni.

Teman – temanku segera bergabung. Namun aku masih ragu, karena hanya aku yang engga berjilbab. Aku malu. Namun, tiba – tiba seorang kakak menghampiriku. “ayo, ke sini aja. gapapa ko.” Ajaknya. Ia merangkulku lembut dan mengajakku untuk duduk.

“assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semuanya, terima kasih sudah hadir pada mentoring hari ini. Semoga pada pertemuan siang ini, kita semua mendapat manfaat serta hidayah dari Allah SWT.” Tutur salah seorang kakak. Kami semua menjawab salam darinya.
“pertama – tama, kita ucapkan Bismillahirrahmanirrahim. Materi hari ini adalah keutamaan Hijab atau Jilbab bagi seorang muslimah.” Tuturnya kembali.

Glek!

Aku menelan ludah. Hal inilah yang menggalaukanku. Kenapa bisa pas begini?
“adik – adik ukhti sudah tahu mengapa adik – adik di wajibkan untuk megenakan Hijab atau Jilbab? Apa karena disuruh? Atau bagaimana?” Tanya salah seorang kaka yang lain.
“Hijab atau Jilbab merupakan hal terpenting yang harus dikenakan seorang akhwat. Di Al – Quran pun sudah dengan jelas tertera tentang kewajiban itu. Namun, seringkali kita yang lalai. Ada yang merasa pake jilbab ga keren lah, atau panaslah. Padahal Jilbab itu menjauhkan kita dari bahaya fitnah, membuat kita tampak lebih cantik, dan menjauhkan kita dari api neraka. Karena kan itu perintah Allah.” Jelasnya.
“apa sih halangan kalian untuk mengenakan Jilbab?  Rasa ragu ya? Atau belum siap? Takut dengan pandangan orang terhadap kalian nantinya? Adikku, kenapa kita harus takut atau ragu untuk menjalankan suatu perbuatan yang benar? Mengapa kita harus ragu atau takut untuk membuat diri kita terhindar dari api neraka? Yakinkan diri kita sendiri. Toh, nanti keuntungannya juga ada pada diri kita sendiri.” Jelasnya kembali yang serasa menggambarkan keadaanku saat ini. Aku terperangah. Terjawablah segala persoalan batinku.
Hatiku sudah tenang sekarang. Kudengarkan segala yang dijelaskan kakak – kakak itu. Semakin memantapkan hatiku untuk menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah. ‘Aku akan memakai jilbab’.ucapku membatin. Aku bertekad, sesampainya di rumah aku akan menjelaskan semua pada mama. Ya Allah, tolong bulatkan tekadku ini.

***

Hai, namaku Nayla Fitriani. Sekarang aku bukan Nay yang dulu lagi. Nay yang agak sesat. Hehe. Sekarang aku mengenakan jilbab. Bagaimana dengan mama? Alhamdulillah, ternyata mama mendukung tekadku. Dan mama pun ternyata akan berjilbab juga! Hmm..bagaimana dengan teman – temanku yang lain? Tadinya mereka memusuhiku. Aku dikaakannya penghianat. Tapi, sekarang mereka mulai sering bertanya tentang rasanya memakai jilbab! Mereka pun ada keinginan juga ternyata! Semoga mereka dapat berjilbab juga. Amin.

So, teman – teman. Kalian juga dong! Hehe..

Tamat




Blog pengirim karya indah ini:
Dita Hyun Rin dita-diary.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar